» » » » » Cara Mudah Mengobati Sakit Mata Merah dan Belekan Langsung Sembuh

Obral Cara - Cara Mudah Mengobati Sakit Mata Merah dan Belekan Langsung Sembuh, Sakit mata merupakan segala penyakit/gangguan pada mata yg membuat mata kita menjadi terasa sakit. Walaupun bukan tergolong kedalam jenis penyakit yg mematikan, namun tetap sakit mata ini dapat menganggu aktivitas kita sehari-hari. Selain itu, sakit mata juga dapat menyebabkan menurunnya rasa percaya diri, karena saat kita mengalaminya, biasanya mata kita akan memerah, bengkak & belekan. 
Cara Mudah Mengobati Sakit Mata Merah

Selama ini, sakit mata dipercaya diyakini dapat menular melalui suatu kontak, baik secara langsung mapun sebaliknya. Namun tahukah kita, ternyata sakit mata itu ada beberapa jenis juga penyebabnya, & tdak semua sakit mata itu menular. Sebelum membagas bagaimana cara mengobati sakit mata merah & belekan , mari kita bahas dari satu-satu, mulai dari jenis & penyebab sakit mata. 

Jenis Penyebab & Gejala Sakit Mata

1. Viral Conjunctivitis
merupakan gangguan mata yg disebabkan oleh virus & termasuk jenis sakit mata yg menular. Namun tenang, sakit mata jenis ini tdak memerlukan perawatan khusus, karena dalam beberapa hari saja akan sembuh dgn sendirinya. Ciri dari viral conjunctivitis ini adanya cairan bening & encer dari mata.

2. Sakit mata karena bakteri
sakit mata ini disebabkan oleh infeksi bakteri & termasuk kedalam jenis sakit mata yg lumayan serius, karena jika tdak diobati dgn baik, dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Perbedaan antara sakit mata yg disebabkan oleh virus & bakteri yaitu terletak dari cairan yg dikeluarkan. Jika viral konjungitivitis ditandai dgn adanya cairan bening & encer, maka konjungtivitis bakteri ini sebaliknya yaitu ditandai dgn adanya cairan kental berwarna kekuningan atau yg lebih kita kenal dgn belek (belekan). Persamaannya yaitu sama-sama termasuk kedalam jenis sakit mata yg menular.

3. Sakit mata karena Alergi
Gangguan mata ini disebabkan oleh alergi seperti debu, serbuk sari ataupun bulu hewan peliharaan. Sakit mata ini bisa terjadi dalam jangka waktu yg cukup lama. Namun tdak termasuk kedalam kategori sakit mata yg menular. Penyakit mata jenis ini biasanya ditandai dgn adanya rasa gatal pada mata.

4. Sakit mata karena iritasi
Sakit mata jenis ini disebabkan oleh iritasi seperti halnya kelilipan atau karena terkena percikan. Tanda dari gangguan mata ini diantaranya mata berair sedikit kental, biasanya akan sembuh dalam waktu satu hari, namun bisa juga lebih.

Cara Mengobati Sakit Mata berdasarkan penyebabnya
Seperti yg sudah dijelaskan diatas, kita sudah mengetahui bahwa sakit mata itu mempunyai beberapa jenis, & penyebab yg berbeda. ntuk itu, cara penanganannya pun berbeda, disesuaikan dgn jenis & penyebabnya.

1. Viral Conjunctivitis
Utk mengobati sakit mata ini kita bisa gunakan obat tetes & salep anti biontik. Jika obat yg digunakan tepat, maka sakit mata akan sembuh dalam beberapa hari saja.Utk itu peting sekali, sebelum menggunakan obat tetes / salep tersebut, terlebih dahulu kita harus berkonsultasi dulu dgn dokter agar kita dapat saran & petunjuk yg tepat. 

2. Sakit mata karena bakteri
Sebenarnya utk jenis sakit mata ini, tdak memerlukan penanganan khusus. Gangguan mata yg disebabkan oleh virus hanya memerlukan waktu utk penyembuhan yaitu selama dua hingga tiga minggu. Mungkin kita akan memerlukan obat antivirus saat dokter menyatakan bahwa sakit mata yg kita derita diakibatkan oleh virus herpes simplex.

3. Sakit mata karena Alergi
Namun jika sakit mati yg kita alami itu disebabkan oleh alergi, kita bisa gunakan obat tetes. Namun sebelumnya, kita konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Agar mendapat petunjuk perawatan yg tepat. Biasanya sokter akan memberikan obat utk mencegah / mengurangi alergi.

Selain dgn tips diatas, utk mengurangi sakit mata, kita juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini :
  • Lindungi mata dari debu
  • jangan menyentuh atau mengucek mata berlebihan
  • kurangi atau bahkan hindari penggunaan make-up
  • Cucilah tangan dgn sabun sebelum kita menyentuh mata
  • Jika kita menggunakan lensa kontak, maka lepaskan dulu.
Obat Sakit Mata Alami
Cara Mudah Mengobati Sakit Mata Merah
Ada beberapa cara mengobati sakit mata yg bisa kita coba, siantaranya adalah sebagai berikut :

1. Cara Mengobati Sakit Mata dgn bawang putih

Pertama cucilah mata kita dgn air bersih
Lalu keringkan dgn handuk bertekstur lembut, kering & bersih
Siapkan 1 siung bawang putih, kemudian kupas & potong bagian ujungnya
Oleskan permukaan bawang putih yg dipotong tadi pada kelopak mata bagian bawah (cara menggunakannya persis seperti saat kita menggunakan eyeliner)
Diamkan beberapa saat hingga mata kita terasa perih & menguarkan air. 
Jangan langsung dicuci, bila perlu kita oleskan lagi bawang putih tersebut
Agar tdak menganggu aktivitas, sebaiknya lakukan cara ini sebelum kita tidur. 

2. Cara Alami Mengobati Sakit Mata dgn Daun Sirih

Sediakan 1-3 lembar daun sirih & cuci hingga benar-benar bersih
kemudian campurkan daun sirih tersebut dgn air secukupnya & tunggu hingga mendidih
setelah airnya mendidih, angkat & tunggu hingga air rebusan daun sirih tersebut dingin
selanjutnya kita saring air rebusan daun sirih tersebut dgn saringan teh
gunakan air rebusan tersebut utk membersihkan area mata yg sakit
atau bisa juga dijadikan sebagai obat tetes langsung

3. Cara Tradisional mengobati sakit mata dgn Air Hangat

Pertama, bersihkan mata kita hingga benar-benar bersih dari kotoran, debu ataupun belek
kemudian kompres mata kita dgn air hangat, ini bertujuan utk mengurangi rasa sakit pada mata
hindari nonton televisi saat kita mengalami sakit mata
bila perlu gunakan obat tetes

4. Cara mengobati infeksi mata dgn getah daun patikan kebo

Utk tanaman yg satu ini, mungkin masih terdengar asing ditelinga, padahal tanaman ini banyak ditemui disekitar kita. Cara pemakaiannya adalah sebagai berikut :
  • Ambil 2-3 tangkai tanaman patikan kebo
  • ambil getahnya 2-3 tetes
  • Selanjutnya teteskan getah patikan kerbau pada mata yg sakit 
  • lakukan cara ini 2 kali sehari sebanyak 2-3 tetes.
5. Cara alami mengobati sakit mata dgn jus kentang
  • Kupas & cuci bersih kentang
  • kemudian haluskan dgn blender atau di parut
  • bungkus dgn kain halus
  • tempelkan/kompreskan pada mata
  • diamkan selama 10-15 menit, setelah itu angkat & bersihkan dgn air
Itulah beberapa cara mengobati sakit mata yg dapat kita coba dirumah. Setelah membaca artikel ini mimin harap kita sudah menemukan apa yg kita cari yaitu solusi utk mengobati sakit mata. Pada artikel selanjutnya saya masih akan menulis artikel tentang sakit mata yaitu mengenai minuman herbal utk mengobati sakit mata.

About Admin

Halo Semua!! Perkenalkan nama saya Aldinata Asfa yakni admin dari blog ini, Terimakasih Anda telah mengunjungi blog kami, semoga kunjungan anda kesini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda. Apabila ada salah kata ataupun kalimat, admin mohon maaf yang sebesar-besarnya karena artikel yang ada di dalam blog ini adalah referensi dari berbagai sumber yang ada di Internet. So happy blogging dan jangan lupa datang lagi sobat
«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Older Post